Diferensiasi Sosial


DIFFERENSISASI SOSIAL
Diferensiasi sosial adalah bentuk lapisan tetapi tidak ada tingkatan tinggi atau rendahnya kelas sosial dalam masyarakat. Diferensiasi sosial merupakan bentuk dari struktutur sosial yang bersifat horizontal.


Differensiasi sosial memiliki 3 ciri, yaitu :

a. ciri fisik : diferensiasi ini terjadi karena perbedaan ciri fisik tertentu. Misalnya, warna kulit, bentuk rambut, bentuk mata, bentuk hidung, bentuk rahang,dll. Ciri fisik tersebut disebut ciri fisik kuantitatif.
b.ciri sosial : diferensiasi ini timbuk karena perbadaan pekerjaan yang menimbulkan perbedaan cara pandang dan pola prilaku dalam masyarakat.
c.ciri budaya : diferensiasi budaya berhubungan erat dengan pandangan hidup suatu masyarakat menyangkut nilai-nilai yang dianutnya,seperti religi,sistem kekeluargaan, keuletan,dan ketangguhan.
Diferensiasi sosial merupakan perbedaan seseorang dilihat dari suku bangsa, ras, agama, klan, dsb.
Pada intinya hal-hal yang terdapat dalam diferensiasi itu tidak terdapat tingkatan-tingkatan, namun yang membedakan satu individu dengan individu yang lainnya adalah sesuatu yang biasanya telah ia bawa sejak lahir.
Contohnya saja, suku sunda dan suku batak memiliki kelebihan masing-masing. jadi seseorang tidak bisa menganggap suku bangsanya lebih baik, karena itu akan menimbulkan etnosentrisme dalam masyarakat.
Diferensiasi merupakan perbedaan yang dapat kita lihat dan kita rasakan dalam masyarakat, bukan untuk menjadikan kita berbeda tingkat sosialnya seperti yang terjadi di Afrika Selatan.
Proses diferensiasi sosial menghasilkan adanya kelompok-kelompok di masyarakat. Deferensiasi (ketidaksamaan) sosial berupa perbedaan prestise atau pengaruh seseorang terhadap orang lain. Oleh karena itu deferensiasi sosial bersifat individual . Defenrensiasi sosial dapat terjadi pada masyarakat yang homogen,yaitu satu kelompok sosial yang sama, misalnya kelompok orang minang. Setiap individu dalam kelompok Minang memiliki perbedaan dalam hal-hal tertentu.

Diketik oleh : Lis Fatmawati

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar